Nirmana Dwimatra adalah nirmana dua dimensi biasanya dibuat di atas media
canvas atau kertas. nirmana dwimatra masuk dalam tutorial desain grafis.
Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti
titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis.
Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra,
trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu
tatarupa.
Di dalam Nirmana, seseorang akan mempelajari segala sesuatu yang
berhubungan dengan seni rupa dan desain pada level dasar seperti mempelajari
garis, bidang, bentuk dan gempal (dimensi dan tebal). Pada nirmana dwi matra
biasa kita akan mempelajari bagaimana nirmana dibentuk sesuai dengan tata rupa
yang pastinya mempunyai kaidah dan prinsip seni rupa.
Untuk mendapatkan nirmana dwi matra biasanya dimulai dari pembuatan objek
dasar seperti persegi, lingkaran, segitiga, segi lima, segi enam dan bentuk
dasar lainnya. Bentuk dasar tersebut kemudian ditata dan disusun sedemikian
rupa sehingga membentuk sebuah pola. Pola dan bentuk dari nirmana dwimatra
biasanya disusun dengan cara memutar objek dua dimensi (rotate), memiringkan
objek (skew), menduplikasi objek (duplicate), merubah ukuran (transform),
membalik objek dwimatra (mirror), dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.
Berikut tugas-tugas nirmana dwimatra pada TPB semester 1
Tugas 1 : nirmana garis
Tugas 2 : Nirmana Bidang
Tugas 3 : Gradasi Hitam Putih
Tugas 4 : Gradasi Warna
Tugas 5 Bidang, Warna
Tugas 6 Tekstur
UAS
0 komentar:
Posting Komentar